Rabu, 22 April 2009

Warung Internet

Warnet


(Warnet Masa Depan)

Seneby Nit-Net

Kelemahan manusia yang paling besar adalah keraguannya untuk mengatakan pada orang sekitar seberapa besar dia mencintai mereka, ketika mereka masih hidup.

"The greatest weakness of most humans is their hesitancy to tell others how much they love them while they’re still alive."


~ O.A. Battista~


Warnet atau Warung Internet merupakan salah satu bisnis yang cukup menjanjikan di Indonesia. Biasanya penyebaran Internet berada di tempat umum, baik sekolah maupun tempat bisnis.

Kebanyakan warnet-warnet berjatuhan karena konsumen yang kurang puas hingga bencana alam. Manajemen warnet diperlukan untuk menghindari hal tersebut dan membangun kondisi yang lebih baik.

Membangun Warnet

Untuk memulai membangun warnet, dimulai dengan survei pasar hingga mempersiapkan hardware dan software.

  • Survei apa dalam beberapa waktu kedepan bisa diterima atau tidak.
  • Menentukan posisi yang tepat untuk meletakkan/lokasi warnet.
  • Menentukan berapa banyak user maksimal untuk warnet.
  • Menentukan hardware yang dibutuhkan untuk warnet, seperti:
    • komputer untuk kasir.
    • komputer untuk server/firewall. Beberapa warnet memilih menggabungkan komputer kasir dan server menjadi satu untuk mengurangi biaya.
    • komputer user. Pelanggan dapat ditentukan, apakah dapat memakai fasilitas webcam, sound, mic dan lain-lainnya.
  • hal lain yang dijual selain jasa warnet. Pelanggan yang sudah lama didalam warnet akan mengalami masalah kalau dia meninggalkan posisinya. Menjual minuman bahkan makanan dapat menjadi alternatif. Warnet dapat pula menjual barang lainnya seperti Flash disk hingga kertas.
  • Peralatan keamanan. Bencana yang terjadi karena manusia dan alam sering terjadi. Menyiapkan peralatan pencegahan adalah tindakam pencegahan yang bagus.
  • Memilih provider.
  • Memilih preman dan mata-mata. Tindakan pencegahan untuk mengurangi tindakan anarkis dari pelanggan dan polisi yang berniat mencari keuntungan dari HAKI.
  • Memilih tehnik pembayaran. Beberapa tehnik yang diketahui / digunakan oleh warnet.
    • Penghitungan perjam
    • Penghitungan Permenit
    • Penghitungan Per satuan waktu. 20 menit, 15 menit bahkan 30 menit.
  • Memilih minimal pembayaran. Standar berbagai warnet berbeda, ada yang memberi batas minimal 30 menit, 1 jam bahkan 10 menit.
  • Memilih toleransi pembayaran. Toleransi disini maksudnya adalah waktu lebih yang digunakan oleh pelanggan sebelum dia masuk ke waktu berikutnya. sebagai contoh:[1] Beberapa warnet tidak memberikan toleransi, apabila pelanggan telah masuk ke ke detik selanjutnya dari 1 jam, maka dia di anggap masuk ke waktu berikutnya.

Penanganan Pelanggan

Pelanggan adalah raja, berbagai tindakan pelanggan dari yang sopan hingga kurang sopan atau anarkis harus selalu siap menganggulanginya. Selain masalah pelanggan, warnet juga harus menangani masalah seperti Hardware dan Software juga masalah lainnya.

Masalah Hardware

Selalu waspada pada masalah hardware. Hal paling buruk dari masalah ini adalah bisa mengakibatkan bencana kebakaran.

  • Mouse tak bergerak atau bermasalah. Ada berbagai solusi untuk menangani masalah mouse. Solusi ini berlaku pada masalah keyboard
    • lepaskan dari port dan masukkan kembali.
    • Ganti Mouse.
  • Monitor bermasalah. Selalu memperhatikan kondisi monitor pelanggan. Monitor pelanggan sangat renta dibandingkan dengan monitor

Masalah Software

Masalah software dapat bervariasi dari masalah ringan dan masalah berat. Hal yang paling terberat dari masalah ini adalah Format ulang.


Sumber:

Belanda Internet Cafe

Wikipedia

dan lainnya

Catatan Si Penjaga Warnet Cadangan

(Saung-Net Dot Com)

Arip Nurahman

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar