Kamis, 18 Februari 2010

Fokus Seneby Corporation 2010

"Jennifer Katharine Gates"
(Putri Pertama Bill & Melinda Gates)

Bisnis dan Wirausaha TI&K

Which marketing topic do you want to study?

Selama ini, positioning dikenal sebagai strategi untuk menguasai pikiran konsumen dengan penawaran perusahaan kita. Saya mendefinisikan positioning sebagai strategi untuk mengarahkan para pelanggan. Positioning adalah upaya membangun kesan di benak konsumen bahwa perusahaan kita layak dipercaya dan kompeten.

Seri 9 Elemen Marketing:

1. Brand
2. Differentiation
3. Positioning
4. Segmentation
5. Targeting
6. Marketing Mix
7. Selling
8. Service
9. Process

Hermawan Kartajaya adalah pendiri dan Presiden MarkPlus&Co, serta Presiden World Marketing Association (WMA).

Pak Hermawan memulai diskusi dengan 9 elemen marketing yang dimulai tiga segitiganya yaitu positioning, differentiation and branding. Yang utama dan harus dilakukan dalam teknik marketing open source adalah menemukan keunikan dari open source. Komunitas, pengembang dan peneliti di dunia open source harus memahami marketing, juga harus mulai menggabungkan science dan art. Harus dipahami juga bahwa business landscape is changing, perhatikan adanya proses digitalization, globalization, futurization dan jangan lupa bahwa kadang dunia ini penuh dengan paradoksial.

Intinya pak Hermawan mengajak kita berdjoeang bersama supaya open source bisa meng-encourage jiwa entrepreneurship. Microsoft yang sekarang market leader di dunia software, dulu juga adalah perusahaan kecil, merangkak dari kecil, tapi karena ada proses change, inovasi, akhirnya memimpin dalam industri software di dunia. Juga salah satu yang penting adalah marketing dengan participation, Indonesian Idol, AFI adalah contoh marketing by participation ini. KNRT bisa mencoba teknik marketing ini dengan membuat kontes atau kompetisi pengembangan open source Indonesia. Perlu diperhatikan juga bahwa jangan terlalu banyak berharap atau mengemis dari pemerintah, UKM yang mengembangkan solusi open source jangan sering mengeluh, tapi harus berdjoeang, kerja keras, karena pemerintah juga bingung (kapan mau diganti dan harus ngerjain apa) di era sistem pemerintahan yang not-strong dewasa ini.

Kemudian diskusi dilanjutkan dengan suara dari floor, dimana tampil pak Setianto (mantan dirut telkom) yang menyampaikan bahwa sebaiknya dimulai dari pengembangan SDM, karena menurut data 63% orang Indonesia lulusan SD. Ketika membuat kebijakan juga harus down-to-the-earth, nggak di awang-awang. Pak Cahyana (Dirjen Aptel Depkominfo) menyampaikan bahwa di beberapa tempat di Indonesia sudah mulai ada deklarasi bebas pembajakan. Open source dipayungi oleh workflow revolution dimana prosesnya adalah seperti orkestra yang akan menyanyikan creative industry. Creative industry adalah kunci pergerakan open source.

(Romi Satria Wahono, M.Eng., D.Eng.)

1.Introduction To Marketing

2.Marketing Planning

3.Marketing Research

4.The Marketing Environment

5.Buyer Behavior

6.Strategic Development

7.Product

8.Price

9.Place (Distribution/Logistics)

10.Promotion

11.Implementation

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar